Friday, May 20, 2016

BULATKAN TEKAD MEMBANGUN MOJOKERTO | KOMUNITAS MOJOPAHIT BERSATU MERAPATKAN BARISAN

Begitu besarnya potensi sumber daya yang dimiliki oleh Kabupaten / Kota Mojokerto yang selama ini belum tereksplorasi dengan baik membut para penggiat komunitas di wilayah tersebut prihatin. Berbagai destinasi wisata yang pengelolaanya terkesan kurang maksimal, sebut saja Trowulan dengan wisata sejarah nama besar Kerajaan Mojopahit, makam Troloyo sebagai tujuan wisata religi, Pacet & Trawas daerah pegunungan yang terkenal keindahan alam dan air panasnya.

Belum lagi kuliner khas Mojokerto yang di buru oleh pelancong diantaranya onde-onde dan sambel wader. Sungai Brantas tempat bersantai para muda dan sebagai arena olah raga dayung. Di bidang seni dan budaya Mojokerto juga memiliki permainan tradisional Bantengan yang selalu menyedot masa penggemarnya di setiap pertunjukan.

Ya, itu hanya sebagian kecil dan sumber daya yang di miliki oleh Mojokerto selain juga sebagai daerah pertanian, peternakan, dan industri yang terpusat di Ngoro Industri Persada. Tidak hanya berpangku tangan dan mengharap penanganan serius dari Pemerintah daerah, seluruh komunitas yang berkedudukan di Mojokerto bersepakat bersatu membulatkan tekad untuk membangun Mojokerto bersama-sama.

Kamis malam, 19 Mei 2016 berbagai komunitas dengan latar belakang otomotif, sosial, dunia usaha, photography, olah-raga, pecinta alam, hoby, seni budaya, pesulap, pemerhati lalu lintas, karang taruna dll bahkan tak ketinggalan para penggemar dunia lain pun berkumpul melaksanakan kopdar gabungan di Sanggar Seni Warung Rakyat Mojokerto. Mereka bersepakat dan bertekad bulat untuk bersatu bahu-membahu membangun Mojokerto dalam satu ikatan persaudaraan lintas komunitas yang dinamakan Komunitas Mojopahit Bersatu (KMB).

Peserta yang hadir adalah merupakan perwakilan-perwakilan komunitas yang berjumlah sekitar 100 komunitas / club / komplotan / perkumpulan / himpunan / organisasi dan berkedudukan di Mojokerto. Dan jika di jumlah seluruh member komunitas bisa mencapai puluhan ribu orang.

Nanang Muni salah seorang punggawa komunitas ternama di Mojokerto yakni Save Trowulan menyampaikan dalam perkenalannya ; "Sejarah Mojokerto pernah mencatat menjadi pusat peradaban dan pemerintahan di seluruh Nusantara yang dahulu bernama Kerajaan Mojopahit, dan besarnya potensi kekayaan alam serta sumber daya manusianya tidak bisa dianggap sepele, maka sangat perlu para pemuda generasi sekarang bisa melestarikan dan mengembangkan potensi tersebut !"

Meski cahaya remang dan hanya disuguhi suasana kekeluargaan yang kental dari para laskar Mojopahit, serta sempat di warnai hujan yang menandakan berkah yang luar biasa dengan adanya pertemuan tersebut. Para peserta kopdar nampak sangat bersemangat dan antusias hingga acara berakhir.

Nah, bagaimanakah kiprah KMB di masa yang akan datang, mampukah ribuan penggiat komunitas membesarkan nama Mojokerto dan kejayaan Mojopahit? Kita tunggu saja bagaimana KMB akan menjawab tantangan ini.

Gass teruss Komunitas Mojopahit Bersatu, masyarakat Mojokerto menunggu sumbangsihmu !

2 komentar


EmoticonEmoticon