Monday, June 3, 2019

Di Tuduh Pembodohan Inilah Fakta Syair Lagu Pok Ame Ame

Lagu Pok Ame Ame adalah sebuah lagu anak anak yang di lestarikan turun temurun oleh masyarakat Indonesia sejak jaman dahulu kala. Tidak jelas sejak kapan dan oleh siapa lagu itu di ciptakan.
Namun lagu ini mashur di gunakan orang tua untuk menghibur anak anaknya yang masih balita. Hampir semua anak anak menyukainya dan bergembira menyanyikan lagu tersebut. Syair aslinya pendek sehingga mudah sekali anak anak Indonesia untuk menghafalnya. Nadanya juga riang membawa kedua telapak tangan secara spontan ikut bertepuk tangan saat menyanyikan lagu tersebut.
Banyak tuduhan pembodohan di bergai blog, postingan media sosial, atau meme, tentang lagu Pok Ame Ame. Mereka mendiskreditkan syair Lagu Pok Ame Ame sebagai syair yang tidak sesuai dengan kenyataan.
Bagaimana tidak ! Mana ada belalang dan kupu kupu makan nasi dan minum susu. Sebab itu wajar jika dianggap bahwa syair lagu tersebut sebuah pembohongan atau pembodohan.
Namu tahukan anda bahwa pencipta lagu ini pastilah seorang maestro dalam bidang psikologi anak. Karena nyatanya dengan mendengar atau menyanyikan lagu ini anak anak akan merasa gembira. Dan satu hal yang pasti dalam lagu itu terdapat makna edukasi yang tinggi dalam hal anatomi tubuh manusia, pendidikan reproduksi, dan ahlak mulya.
Coba kita urai satu persatu syair tersebut, yang berisi empat baris :
1. "Pok Ame Ame"
    Artinya adalah panggilan untuk sepasang manusia (laki-laki dan perempuan), Pok adalah panggilan bagi laki laiki, dan Ame ame adalah panggilan untuk perempuan. Kita dapat menemukan persamaannya dengan kata Papa - Mama, Bapak - Ibu, Gus - Yuk, Babe - Nyak, Mas - Ning, Kang - Yu, Om - Tante, Pak De - Bu Dhe, ataui bisa suami - istri dan lain sebagainya.
2. "Belalang - Kupu"
Syair kedua ini mempertegas syair yang pertama. Belalang sebagai laki laki, dan kupu kupu sebagai perempuan. Artinya : Ada dua manusia yang satu memiliki anggota tubuh mirip dengan belalang (pria), dan satunya lagi memiliki anggota tubuh mirip seperti kupu kupu (wanita). Coba tengok kelamin anda, mirip gak ? pasti mirip lah !
3. "Siang makan nasi"
Artinya : Sepasang manusia tersebut harus selalu bersama untuk bertahan hidup dengan mencari nafkah (makna dari makan nasi).
4. "Kalo malam minum susu"
Artinya : Kita memahami bahwa tidak ada belalang atau kupu kupu yang meminum susu. Yang meminum susu pastilah manusia, syair ini hanya kode saja. Di malam hari suami istri akan melakukan kegiatan untuk bereproduksi.
Dalam kegiatan reprodusi tersebut kelamin pria akan mengeluarkan sejenis cairan yang menyerupai susu (sperma) yang akan di minum oleh si wanita dengan atau ke mulut rahim. Sedangkan si wanita juga akan mengeluarkan air susu yang akan dimunum untuk anaknya nanti jika lahir.
Dapat disimpulkan lagu ini mengandung nilai pendidikan untuk anak balita sejak lahir. Tentu efeknya akan menjadikan anak cerdas dan berakhlak mulia. Tak perlu lagi pendidikan seksual ala barat yang justru banyak menimbulkan mudhorot seperti pergaulan bebas.

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon