Wednesday, July 6, 2016

MENGGEMPARKAN ! PENAMPAKAN NAGA BERTAKBIR DI DESA PUCUK - DAWARBLANDONG

Penghujung ramadhan adalah salah satu hari yang paling dinantikan oleh seluruh umat muslim di seluruh dunia. Setelah 30 hari lamanya berpuasa seakan menjadi sebuah hari kemerdekaan atau kemenangan dari perang melawan hawa nafsu. Dan sesuai dengan ajaran islam kita di syareatkan untuk mengumandangkan takbir di jalan-jalan dan di tempat-tempat ibadah untuk merayakan sekaligus menyambut datangnya hari raya Idul Fitri 1 syawal.

Menjadi sebuah acara tahunan yang sangat menarik tatkala takbir keliling dimeriahkan dengan parade kereta hias bermacam-macam bentuk dan motif binatang raksasa, dihiasi lampu warna-warni, dan kembang api. Para bapak memukul bedug, anak-anak berbaris dibelakang memegang obor atau oncor, tak mau ketinggalan ibu-ibu dan seluruh warga desa tumpah ruah turun ke jalan untuk mengumandangkan takbir.

Ya, itulah kemeriahan yang terjadi di Desa Pucuk - Kecamatan Dawarblandong - Kabupaten Mojokerto, Selasa 5 Juli 2016. Bukan hanya naga raksasa, nampak gajah, onta, burung garuda, sepasang boneka dan lain sebagainya buatan para pemuda kreatif Karang Taruna Bimantara dan Remaja Masjid (Remas) Desa Pucuk yang di bagi menjadi beberapa kelompok musholla dan masjid. Tiap musholla menyumbangkan satu kreatifitas untuk ikut berpawai dan bertakbir mengagungkan nama Allah SWT.

Menurut Bambang Juniarto Ketua Karang Taruna Bimantara Desa Pucuk, rencananya acara ini akan dipertahankan untuk selalu di gelar setiap malam 1 Syawal. "Takbir keliling bukan hanya sebagai budaya umat muslim, akan tetapi sudah menjadi budaya bangsa Indonesia yang perlu di rayakan dan dilestarikan. Saya sedih saat ini takbir keliling kebanyakan hanya pawai kendaraan bermotor, padahal dengan pawai jalan kaki akan lebih terasa nilai religinya." ungkapnya.

Selain acara takbir keliling ini rencananya Karang Taruna Bimantara juga akan membuat gebrakan-gebrakan kreatifitas untuk acara peringatan Hari Kemerdekaan RI agustus mendatang.

Nah, kawan ! jika ingin merasakan kemeriahan takbir keliling datanglah tahun depan di Desa Pucuk

Saksikan video pawai takbir keliling Desa Pucuk di bawah ini :

1 komentar so far


EmoticonEmoticon